You Are Here: Home» Pribadijokowi » Salah Satu Program Jokowi-JK Berantas Kemiskinan

Jakarta - Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla mempunyai program untuk memberantas kemiskinan jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden. Apa program pemberantasan kemiskinan duet Jokowi-JK?

"Desa produksi, desa sebagai pusat produksi," ujar Jokowi usai deklarasi dukungan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ke Jokowi-JK di kantor DPP PKPI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (22/5/2014).

Jokowi menjelaskan, desa bisa menjadi pusat produk-produk pertanian jika di-back up oleh pemasaran, permodalan, dan pergudangan yang baik. Jika konsep desa seperti ini terwujud dengan baik, menurut Jokowi, petani akan betul-betul merasa produk-produk pertaniannya menguntungkan sehingga mereka terpacu untuk terus berproduksi.

"Bukan sebagai tempat untuk konsumsi tapi untuk produksi. Itu akan terjadi lompatan besar di bidang produksi besar. Tidak hanya beras, sayur, semuanya," imbuhnya.

Jokowi juga mengatakan ekonomi di Indonesia tumbuh dari wilayah barat ke timur. Karena itu, menurutnya perlu ada pemerataan ekonomi.

"Kalau ekonomi itu tumbuh dari barat ke timur, dari Sabang sampai Merauke pasti akan ada pemerataan. Tol laut itu dalam pemerataan," tuturnya.

Bagaimana dengan pengentasan kemiskinan di kota?

"Ya tentu saja tadi kan, kalau tol laut benar-benar siap, ekonomi akan jadi bergerak. Kalau ekonomi bergerak otomatis akan terbuka lapangan kerja baru. Itu tuh efeknya seperti itu," ujar Jokowi.
(Sumber: detiknews.com)